• Para ilmuwan menciptakan setelan SpideySense yang dapat 'mendeteksi bahaya seperti Spider-Man'

    Penggemar  Spider-Man akhirnya bisa mencari tahu bagaimana rasanya menjadi superhero favorit mereka setelah para ilmuwan menciptakan setelan SpideySense yang memberikan sensasi kesemutan pemakainya untuk mengingatkan mereka terhadap bahaya.


    Dibuat oleh Victor Mateevitsi dari University of Illinois, Chicago, dan koleganya, setelan yang  menggunakan lengan robot kecil dengan mikrofon yang mengambil refleksi ultrasonik dari benda-benda sekitarnya.

    Lengan tekan ke bawah pada tubuh si pemakai, meningkatkan tekanan sebagai objek bergerak lebih dekat.
    Setelan tersebut memiliki tujuh modul, memberikan cakupan hampir 360 derajat.

    Mr Mateevitsi mengatakan: "Ketika seseorang meninju Spider-Man, ia merasa sensasi dan dapat menghindarinya. Setelan kami adalah konsep yang sama. "


    Efektivitas setelan diuji ketika para siswa ditutup matanya lalu dilempar dengan bintang ninja yang terbuat dari karton dan mereka bisa merasakan bintang tersebut mendekati mereka.
    "Sembilan puluh lima persen dari siswa tersebut bisa merasakan seseorang mendekat dan melemparkan bintang pada mereka," kata Mr Mateevitsi New Scientist.
    Dia sekarang mempersiapkan untuk menampilkan penemuan di Konferensi  Augmented Human International yang keempat di Stuttgart, Jerman, pada tanggal 7 Maret.
    Penciptanya berharap dapat membantu meningkatkan kesadaran pengendara di lalu lintas dan juga berguna untuk orang buta

    source : http://metro.co.uk/2013/02/24/scientists-create-spideysense-suit-that-can-detect-danger-like-spider-man-3511587/