• Ini Alasan Anda Untuk Datang ke Pulau Sumbawa

     NTB tidak hanya sebatas Lombok saja. Di sana juga ada Pulau Sumbawa yang punya beragam keindahan. Dari laut hingga puncak gunung, inilah alasan untuk datang ke Pulau Sumbawa!

    Mendengar kata NTB, pasti pikiran Anda tertuju pada Lombok. Lebih dari itu, NTB juga memiliki Pulau Sumbawa yang tak kalah eloknya. Wisatawan yang melancong ke sana dijamin bakal terkesima.

     "Pulau Sumbawa itu beda dengan Lombok, luasnya 3 kali lipat," kata Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi dalam acara Grand Launching Tambora Menyapa Dunia 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekaf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (16/6/2013) malam.

    Jika Lombok terkenal dengan pulau-pulau kecil dengan pantai yang cantik, maka Pulau Sumbawa juga tidak kalah. Ada Gunung Tambora, Teluk Saleh, dan juga padang savana yang cocok bagi wisatawan yang doyan wisata adventure.

    "Kalau di Sumbawa wisatanya lebih adventure, ada sabana di sana," tutur Zainul.

     Gunung Tambora di Kabupaten Dompu mungkin menjadi daya tarik utama di Pulau Sumbawa. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1815 dengan sangat dahsyat. Asapnya diyakini sampai Amerika dan Eropa. Meski masih aktif hingga sekarang, tak sedikit wisatawan yang datang ke sana. Kalderanya terlihat sangat cantik!

    "Gunung Tambora tidak sulit didaki dan memungkinkan untuk orang-orang yang belum mahir mendaki. Di sana juga ada Kopi Tambora," ucap Zainul.

    Teluk Saleh juga tidak kalah memesona. Jejeran pantai indah di sana wajib dikunjungi wisatawan. Wisatawan bisa snorkeling atau diving untuk melihat kekayaan bawah lautnya. Selain itu, ada juga budidaya rumput laut di sana.

    "Sumbawa terkenal dengan kuda, kami juga punya joki cilik yang mungkin satu-satunya di Indonesia," ujar Zainul.

    Dengan adanya sabana yang luas, kuda-kuda di Pulau Sumbawa pun hidup liar dan memiliki badan yang besar. Wisatawan bisa mencoba menunggangi kuda di sana atau beradu dengan joki ciliki yang berusia di bawah 10 tahun.

    Mau bulan madu di pulau yang cantik? Datanglah ke Pulau Moyo di Kabupaten Sumbawa yang dekat dengan Teluk Saleh. Mendiang Lady Diana dan Mick Jagger pernah liburan di sini. Atlet tenis dunia, Maria Sharapova pun memuji Pulau Moyo di akun Facebook-nya setelah datang langsung ke Pulau Moyo.

    "Pulau Moyo sudah terkenal di seleb dunia," kata Zainul.

    Jadi, kapan Anda berkunjung ke Pulau Sumbawa?

    source : http://travel.detik.com/read/2013/06/17/131245/2275502/1382/5/ini-alasan-anda-untuk-datang-ke-pulau-sumbawavt22011381#topart