• Masinis Perempuan Pertama dalam 145 Tahun

    BUDAPEST, KOMPAS.com — Perusahaan kereta api Hongaria, Hungarian Railways (MAV), Senin (4/2/2013), mulai melatih perempuan sebagai masinis kereta api di negara itu. Ini merupakan pelatihan masinis perempuan pertama kali di Hongaria dalam 145 tahun sejarah perkeretaapian di sana.

    Kantor berita AFP melaporkan, saat ini tidak ada lagi batubara untuk diangkut atau muatan berat lainnya.
    "Karenanya, pekerjaan masinis ini menjadi lebih cocok dan menarik juga bagi kaum perempuan," ujar juru bicara MAV, Karoly Peiper.

    Sebagian besar kereta api di Hongaria saat ini modern dan sebagian besar sudah otomatis. Dari total 21 siswa yang dilatih sebagai masinis, terdapat juga tujuh perempuan yang akan memulai pelatihan selama 13 bulan dan termasuk 320 jam praktik di 10 kereta api dengan 10 klasifikasi berlainan.

    Direktur Eksekutif MAV, Ilona David, menegaskan, buruh perlu diperluas dan karenanya memiliki masinis perempuan merupakan bagian dari program modernisasi. Saat ini MAV memiliki 38.000 pekerja.

    Pekerja perempuan sebagai sopir bus atau masinis trem merupakan hal yang umum di Hongaria pada saat sekarang ini. Kini pekerja perempuan juga berpeluang untuk bekerja sebagai masinis di negara Eropa Timur ini.



    source : http://internasional.kompas.com/read/2013/02/04/22583957/Masinis.Perempuan.Pertama.dalam.145.Tahun